Rabu, 21 Februari 2024

Dishub Berencana Tambah 15 Titik Parkir Nontunai di Kudus

Anggara Jiwandhana
Rabu, 29 November 2023 09:57:00
Parkir nontunai mulai berlaku di Kudus bulan lalu (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus, Jawa Tengah berencana menambah 15 titik parkir nontunai. Jenis pembayarannya pun akan bervariasi atau tidak terbatas dengan metode QRIS saja seperti di lima titik parkir sebelumnya.

Saat ini tengah, lokasi-lokasi baru itu masih dalam kajian. Sekaligus pihaknya juga berkoordinasi dengan Bank Jateng sebagai penyedia transaksi nontunainya.

”Rencana kami tambah 15 titik lagi, tapi itu nanti tidak hanya QRIS ya, e-money juga akan diupayakan nanti,” kata Kepala Dishub Kudus Catur Sulistiyanto, Rabu (29/11/2023).

Catur pun optimis pembayaran parkir dengan sistem nontunai diterima masyarakat. Meski memang nantinya membutuhkan waktu untuk sosialisasi dan adaptasinya.

”Kami yakin ini bisa berjalan, apalagi digitalisasi terus digaungkan di tingkat pemerintah pusat dan daerah, karena itu kami akan berupaya meningkatkannya,” pungkas Catur.

Sebagaimana diketahui, Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mulai mengujicobakan sistem pembayaran nontunai menggunakan QRIS di lima titik parkir tepi jalan umum di Kota Kretek. Pelaksanaan sistem ini pun mulai berlaku per Kamis (26/10/2023) bulan lalu.

Perwujudan sistem ini sendiri adalah para juru parkir dibekali dengan kalung barcode QRIS hasil kerjasama dengan Bank Jateng.

Ketika pengendara hendak membayar parkir, maka mereka tinggal melakukan scan barcode dan membayar sesuai tarif sesuai yang ditentukan. Yakni Rp 1.000,- untuk kendaraan sepeda motor dan Rp 2.000 untuk kendaraan mobil.

Sementara untuk lima ruas parkir tepi jalan umum yang diterapkan pembayaran nontunai adalah Jalan A Yani, Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Jalan Veteran dan Jalan Sunan Kudus A dan B.

Editor: Zulkifli Fahmi

Komentar