Jumat, 1 Maret 2024

Jokowi Ajak Joe Biden Bantu Hentikan Kekejaman di Gaza Palestina

Ali Muntoha
Selasa, 14 November 2023 11:23:00
Pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih, Senin (13/11/2023). (Istimewa/Setpres)

Murianews, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Amerika Serikat Joe Biden Senin (13/11/2023) petang atau Selasa (13/11/2023) subuh. Jokowi mengajak Joe Biden untuk ikut bergerak menghentikan konflik dan kekejaman yang terjadi di Jalur Gaza, Palestina.

Pertemuan Jokowi dan Joe Biden digelar usai Presiden RI mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi Sabtu (11/11/2023).

Dalam pertemuan dengan Joe Biden Jokowi menyampaikan agar kemitraan kedua negara dapat berkontribusi terhadap perdamaian global.

”Indonesia berharap agar kemitraan kita dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan kemakmuran regional dan juga global,” kata Jokowi dikutip dari Setkab.

Oleh karenanya, Presiden Jokowi mengajak Presiden Joe Biden untuk turut menghentikan konflik dan kekejaman yang terjadi di Gaza.

”Hal ini merupakan sebuah hal yang sangat menyakitkan bagi umat manusia,” sambungnya.

Dalam KTT OKI Presiden Jokowi menyerukan agar segera dilakukan genjatan senjata dalam konflik Israel-Palestina.

Jokowi juga mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina.

”Gencatan senjata harus segera diwujudkan, bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbanyak, perundingan damai harus segera dimulai, fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan, dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu Joe Biden dalam pertemuan dengan Jokowi mengatakan jika kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat yang meningkat menjadi kemitraan strategis yang komprehensif, menandakan era baru kerja sama antarkedua negara dalam berbagai bidang.

”Termasuk di dalamnya adalah peningkatkan kerja sama kita dalam hal keamanan,” ucap Presiden Biden.

Presiden Biden juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama antara Amerika Serikat dengan ASEAN guna memajukan kawasan Indopasifik yang bebas, terbuka, dan makmur. Presiden Biden mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada tahun ini.

Komentar