Senin, 4 Maret 2024

Firli Bahuri dan Tiga Pegawai KPK Diperiksa Polisi Terkait SYL

Ali Muntoha
Kamis, 16 November 2023 11:58:00
Firli Bahuri, Ketua KPK. (Instagram @firlibahuriofficial)

Murianews, Jakarta – Ketua KPK Firli Bahuri Kamis (16/11/2023) kembali diperiksa oleh Polda Metro Jaya terkait dugaan kasus pemerasan terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Tak hanya Firli, polisi juga memeriksa tiga pegawai KPK hari ini.

Pemeriksaan terhadap Firli kembali dilakukan di gedung Bareskrim Mabes Polri. Firli dijadwalkan menjalani pemeriksaan pukul 10.00 WIB, namun ia datang lebih pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

”Sudah hadir dan dalam proses dimintai keterangan di lantai 6 ruang pemeriksaan Dittipidkor," kata kata Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa dikutip dari Suara.com.

Firli seharusnsya menjalani pemeriksaan kedua pada Selasa (14/11/2023). Namun ia meminta penundaan pemeriksaan, lantaran sedang dinas kerja di Aceh.

Permohonan penundaan ini disampaikan Firli lewat surat yang ditandatangani Kepala Biro Hukum KPK RI Ahmad Burhanuddin. Dalam surat itu, Firli meminta pemeriksaan dilakukan di Bareskrim Polri.

Selain Firli, polisi juga memeriksa tiga pegawai KPK. Namun polisi tak menyebut identitas maupun jabatan mereka.

Pemeriksaan terhadap ketiga saksi dilakukan di Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan bersamaan dengan pemeriksaan Ketua KPK Firli Bahuri.

”Ada tiga orang saksi lainnya yang juga diperiksa hari ini di Dittipidkor Bareskrim Polri," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak.

Saat ini Polda Metro Jaya telah memeriksa 96 saksi terkait kasus dugaan pemerasan terhadap manatan Mentan SYL itu. Jumlah itu terdiri dari 88 saksi, dan delapan saksi ahli.

Komentar