Rabu, 21 Februari 2024

Luhut Tiba-Tiba Muncul di Istana saat Menantu Dilantik Jadi KSAD

Ali Muntoha
Rabu, 29 November 2023 16:41:00
Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri pelantikan menantunya Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai KSAD di Istana Negara, Rabu (29/11/2023). (Youtube Setpres)

Murianews, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan tiba-tiba muncul di Istana Negara saat pelantikan Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Rabu (29/11/2023).

Padahal sejak beberapa waktu lalu Luhut harus menjalani pengobatan di Singapura. Bahkan setelah keluar dari rumah sakit, Luhut masih harus melakukan pemulihan di negara tersebut.

Namun siang tadi, saat Maruli Simanjuntak dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai KSAD, Luhut terpantau hadir.

Diketahui Maruli Simanjuntak yang sebelumnya menjabat sebagai Pangkostrad merupakan menantu Luhut. Luhut menikahkan anaknya yang bernama Paulina Pandjaitan dengan Maruli Simanjuntak pada tahun 1999.

Dalam pelantikan yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Luhut terlihat berdiri di barisan para menteri. Ia berdiri diapit Menhan yang juga capres Prabowo Subianto dan Menkopolhukam yang juga cawapres Mahfud MD.

Usai pelantikan Luhut menghampiri Jokowi dan memberi hormat yang cukup lama. Terlihat Jokowi menurunkan tangan Luhut yang memberi hormat sembari menyampaikan sejumlah kalimat.

Beberapa saat kemudian Luhut pun menyambangi menantunya, KSAD yang baru. Luhut terlihat bangga dan matanya berkaca-kaca saat menerima hormat dari menantunya tersebut.

Luhut kemudian mememeluk sang menantu memberikannya ucapan selamat. Ia ganti memeluk putrinya yang berdiri di belakang Maruli Simanjuntak.

Menurut Maruli Simanjuntak, Luhut sengaja khusus menyempatkan waktu untuk menghadiri pelantikananya sebagai KSAD. Maruli mengaku baru mendapatkan kabar akan dilantik pada Selasa (28/11/2023) sore, dan langsung menghubungi sang mertua.

”Saya mendapat informasi kemarin sore, saya WA beliau (Luhut) saya sudah ditunjuk persiapan hari ini, ya beliau antusias untuk mau hadir," ujar Maruli dalam keterangan pada wartawan dikutip dari Youtube Setpres.

Usai menghadiri pelantikan KSAD, Luhut rencananya akan kembali ke Singapura pada Kamis (30/11/2023) untuk melanjutkan perawatan kesehatannya.

Komentar