Jumat, 23 Februari 2024

Intip Perpustakaan MAN 2 Kudus yang Super Nyaman

Anggara Jiwandhana
Kamis, 31 Agustus 2023 15:07:00
Perpustakaan MAN 2 Kudus (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Perpustakaan biasanya identik dengan tumpukan buku-buku usang di rak yang berjejer-jejer. Suasananya pun bisa dibilang cukup pengap karena minimnya ruang terbuka untuk membaca.

Namun seiring berkembangnya waktu, banyak perpustakaan yang dibuat se-cozy mungkin, alias senyaman mungkin untuk dikunjungi. Tak terkecuali di Perpustakaan sekolah MAN 2 Kudus di Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Perpustakaan ini terbilang cukup baru. Dibangun pada awal tahun ini, perpustakaan sekolah yang awalnya biasa-biasa saja, kini disulap jadi tempat yang cozy (nyaman) untuk para siswanya. Rak buku ditempatkan dengan mempertimbangkan estetika hingga interiornya yang sangat colorful tapi kalem.

Sudut demi sudut ruangannya juga menarik perhatian pengunjungnya. Bahkan pula, bisa jadi spot berswafoto dadakan. Namun terlepas dari itu, perpustakaan ini punya 4.500 buku yang siap untuk dibaca, baik secara manual maupun digital.

Kepala Sekolah MAN 2 Kudus Shofi mengatakan pihak sekolah bisa membangun perpustakaan yang senyaman ini berkat dukungan komite madrasah yang berisikan para wali murid. Mereka kemudian menyumbang seikhlasnya dan sesuai kemampuannya masing-masing.

”Kami ingin memberikan sebuah faslitas untuk anak-anak di mana mereka bisa mendapatkan tambahan ilmu di luar bangku kelas dan mata pelajaran, kami ingin menghadirkan perpustakaan yang representative bagi siswa kami,” katanya Kamis (31/8/2023).

Dalam penerapannya, perpustakaan di MAN 2 Kudus memiliki konsep tiga dimensi. Yakni dimensi literasi, dimensi keagamaan serta dimensi laboratorium. 

”Kami menciptakan perpustakaan ini tentunya bertujuan supaya bisa menjadi percontohan nasional, membanggakan Kudus dan tentunya mencerdaskan siswa-siswi kami. Kami jadikan membaca sebagai pintu gerbang ke sana,” pungkasnya.

Perpustakaan MAN 2 Kudus sendiri akan diajukan akreditasinya oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kudus ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Pihak Arpusda sendiri optimis jika perpustakaan MAN 2 Kudus bisa mendapat akreditasi dengan nilai A

Editor: Supriyadi

 

Komentar