Jumat, 23 Februari 2024

Sempat Terpuruk, Perpustakaan Daerah Kudus Mulai Ramai Pengunjung

Anggara Jiwandhana
Jumat, 15 September 2023 10:36:00
Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus Samani Intakoris memeriksa buku bacaan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Kudus (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Perpustakaan Daerah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai ramai dikunjungi masyarakat. Tingkat kunjungannya pun semakin meningkat usai terpuruk saat masa pandemi Covid-19 tiga tahun lalu.

Saat masa pandemi kemarin, kunjungan ke perpustakaan daerah rata-rata per harinya hanya di bawah 20 pengunjung. Namun kini, kunjungannya mulai naik di angka 70 hingga seratus orang di tiap harinya. Di mana mayoritas pengunjung adalah pelajar.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus Samani Intakoris mengungkapkan, jumlah kunjungan perpusda sebenarnya bisa lebih banyak dari itu. Pasalnya banyak sekolah yang meminta adanya kunjungan lapangan.

Namun karena jauhnya jarak lokasi perpusda dengan sekolah terkait, maka pihak perpusdalah yang akhirnya datang dengan membawa perpustakaan keliling.

”Permintaannya kini semakin banyak, banyak sekolah yang ingin berkunjung dan ingin kami kunjungi, kalau dekat kami akan rekomendasikan untuk datang langsung, namun kalau jauh, kami dengan senang hati membawa perpustakaan keliling ke anak-anak,” tutur Samani, Jumat (15/9/2023).

Fenomena seperti ini pun sangat disambut baik oleh pihak Arpusda. Program back to book yang kini tengah digaungkan oleh mereka pun seperti mendapat respon positif dari masyarakat.

”Bahkan ada satu pengunjung setia kami adalah seorang pengayuh becak, hampir sepekan sekali beliau ke sini, membaca buku biografi ataupun sejarah-sejarah. Saya kagum dengan keinginnya menambah ilmu pengetahuan, ini bisa menjadi pelejit semangat bagi pihak lainnya,” tuturnya

Atas dasar hal inilah Samani yakin, ada peningkatan minat baca di kalangan masyarakat. Yang kemudian cepat atau lambat mempengaruhi kualitas hidup warga Kudus.

”Kami sangat menyambut baik hal ini, ini adalah momentum yang harus dijaga bila ingin memperbaiki kualitas masyarat Kudus. Meskipun anggaran kami terbatas, kami upayakan semaksimal mungkin, agar jiwa literasi ini bisa semakin tumbuh di masyarakat Kudus,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Sejumlah masyarakat berkunjung ke Dinas Arpusda (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Komentar