Rabu, 28 Februari 2024

Dewan Pengupahan Segera Bahas UMK Kudus 2024

Anggara Jiwandhana
Selasa, 14 November 2023 13:36:00
Dewan Pengupahan Kabupaten Kudus (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Dewan Pengupahan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, segera membahas nominal Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kudus tahun 2024. Sesuai rencana, pembahasan akan dilangsungkan mulai Rabu (14/11/2023) besok.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnaker Perinkop UKM) Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengungkapkan, dewan pengupahan akan terdiri dari sejumlah kalangan. Seperti dari kalangan pemerintah, akademisi, serikat pekerja, dan asosiasi pengusaha.

”Kami akan memulai pembahasannya besok, nanti akan menyesuaikan dengan formulasi yang ditentukan dengan Kementerian Tenaga Kerja,” ucapnya Selasa (14/11/2023).

Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berharap para pekerja di Kota Kretek untuk tidak cemas dalam menanti pembahasan upah minimum kabupaten (UMK) 2024. Mereka pun meyakini UMK 2024 Kudus akan alami kenaikan.

Dari KSPSI sendiri mengusulkan kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) 2024 naik sebesar 5 hingga 8 persen dari UMK 2023.

”Kalau naik sudah pasti ya, kami kira harus naik karena melihat kondisi saat ini yang semuanya juga serba naik,” ungkapnya.

Sementara Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Bambang Sumadiyono mengatakan, tidak akan mempermasalahkan bila usulan UMK 2024 mendatang naik hingga delapan persen. Asalkan secara regulasi mengatur kenaikan tersebut secara proporsional.

Editor: Supriyadi

Komentar