Rabu, 29 November 2023

PPATK Blokir Semua Rekening Terkait Panji Gumilang

Cholis Anwar
Kamis, 6 Juli 2023 16:49:13
Pemimpin Al Zaytun, Panji Gumilang. (Layang Tangkap YouTube Al Zaytun Official)
Murianews, Jakarta – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah memblokir semua rekening yang terkait dengan pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang.

Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, mengonfirmasi bahwa pemblokiran rekening-rekening tersebut sedang dalam proses analisis. Namun, Ivan tidak merinci jumlah total rekening yang telah diblokir.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengungkapkan bahwa Panji memiliki 256 rekening, sementara Pondok Pesantren Al Zaytun memiliki 33 rekening.

Baca: PPATK Telusuri 289 Rekening Mencurigakan ke Al-Zaytun

Kepala Biro Humas PPATK, M Natsir Kongah, juga mengonfirmasi adanya pemblokiran terhadap rekening-rekening yang dimiliki oleh Panji.

”Rekening yang diblokir sesuai dengan yang disampaikan oleh Pak Mahfud,” ujar Natsir mengutip Kompas.com, Kamis (6/7/2023).

Menurut informasi sebelumnya yang diungkapkan oleh Menko Polhukam Mahfud MD, ratusan rekening yang dimiliki oleh Panji terdaftar dengan enam nama yang berbeda.

”Ya memang, 256 rekening atas nama Abu Toto, Panji Gumilang, Abdussalam. Nama dia itu enam, ada Abu Toto, Panji Gumilang, Abdussalam, pokoknya enam lah,” kata Mahfud.

Baca: Kasus Panji Gumilang dari Penistaan Agama Merembet ke UU ITE

Selain itu, Mahfud mengungkapkan bahwa terdapat 33 rekening atas nama Pondok Pesantren Al Zaytun. Total ada 289 rekening yang sedang dianalisis oleh PPATK terkait dugaan keterlibatan tindak pidana pencucian uang.

Selain dilaporkan atas dugaan penistaan agama, Panji juga dijerat dengan kasus tindak pidana ujaran kebencian. Kedua kasus tersebut telah dijadikan satu berkas perkara dalam proses penyidikan oleh Bareskrim.

Komentar