Senin, 4 Maret 2024

Ma’ruf Amin: Mahasiswa RI di China Harus Jadi Ahli Kereta Cepat

Cholis Anwar
Selasa, 19 September 2023 11:22:00
Kereta Cepat Jakarta-Bandung, segera beroperasi. (facebook.com/photo?fbid)

Murianews, Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkapkan kekhawatirannya terkait kurangnya tenaga ahli dalam bidang kereta cepat di Indonesia. Saat ini, Indonesia sedang gencar menggalakkan pembangunan di sektor ini, dan ahli-ahli yang memiliki pengetahuan mendalam dalam kereta cepat menjadi sangat dibutuhkan.

Wapres Ma’ruf Amin, yang berada di Hotel JW Marriott Marquis Shanghai Pudong, Shanghai, pada Senin (18/9/2023) malam, meminta para mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di China untuk mengejar ilmu di bidang kereta cepat. Dia mengatakan, orang-orang Indonesia harus mengambil kesempatan ini untuk memperdalam pemahaman mereka tentang kereta cepat.

”Ahlinya (Kereta Cepat) baru beberapa orang yang kita miliki. Karena itu semua mahasiswa kita harus jadi ahli di berbagai ilmu, bahkan jangan sampai tersisa ilmu di China ini. Ambil terus semuanya,” ujar Wapres mengutip Bisnis.com, Selasa (19/9/2023).

Wapres juga menggarisbawahi pentingnya kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi di luar negeri. Namun, ia mengakui untuk sementara waktu, memperdalam pengetahuan dan pengalaman di China merupakan langkah yang baik.

Wapres mengungkapkan kegembiraannya mengetahui adanya seorang mahasiswa Indonesia yang mempelajari bidang kereta cepat di China. Dia merasa senang melihat semangat belajar mahasiswa tersebut.

”Pemerintah terus berupaya agar mahasiswa RI mendapatkan beasiswa di China, dan hal itu telah dibicarakan dengan Perdana Menteri (PM) China Li Qiang hingga Gubernur Fujian,” tambah Wapres.

Pada kesempatan itu, Wapres juga mengingatkan tentang sebuah hadis Nabi Muhammad yang mendorong umat Islam untuk menuntut ilmu sampai ke negeri China. Dia menyatakan bahwa hadis ini memiliki makna mendalam terkait dengan pengetahuan dan kemajuan.

”Yang beragama Islam pasti punya dasar karena Nabi Muhammad bilang 'carilah ilmu walaupun sampai ke Negara China',” ujar Wapres.

Dia juga menekankan bahwa saat ini China adalah salah satu mitra strategis Indonesia yang maju di berbagai bidang, termasuk bisnis dan teknologi.

Komentar