Senin, 4 Maret 2024

Polisi Terus Usut Kasus Dugaan Pemerasan Firli ke SYL

Cholis Anwar
Jumat, 27 Oktober 2023 14:14:00
Pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang beredar. (Istimewa/Suara.com)

Murianews, Jakarta – Kepolisian terus menginvestigasi kasus dugaan pemerasan yang melibatkan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri mengungkapkan jika pihaknya sedang melakukan penyidikan yang melibatkan berbagai ahli, termasuk ahli pidana dan ahli mikro ekspresi.

”Hari ini juga ada beberapa agenda penyidikan yang dilakukan oleh tim penyidik gabungan, di antaranya adalah pemeriksaan terhadap ahli, para ahli. Beberapa ahli kita libatkan dalam penyidikan kasus ini,” ujar Ade mengutip Detik.com, Jumat (27/10/2023).

Ade Safri menyebut, para ahli yang dilibatkan berasal dari berbagai bidang, termasuk ahli pidana dan ahli hukum acara. Selain itu, ada juga ahli atau pakar mikro ekspresi yang turut terlibat dalam penyidikan. Namun, ia belum memberikan rincian mengenai identitas ahli-ahli tersebut.

”Yang pertama tadi ahli pidana, kemudian dari ahli hukum acara, kemudian ahli atau pakar mikro ekspresi, ini kita libatkan hari ini beberapa pemeriksaan ahli telah dilakukan,” jelas Ade Safri.

Selain melibatkan para ahli, pihak kepolisian juga sedang berkoordinasi dengan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri terkait dengan uji laboratoris dan analisis lebih lanjut mengenai barang bukti elektronik yang telah disita dalam kasus ini. Ade Safri enggan memberikan rincian lebih lanjut mengenai bukti elektronik tersebut.

kasus dugaan pemerasan oleh Pimpinan KPK terhadap SYL muncul ketika KPK tengah melakukan penyidikan atas dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

KPK telah menetapkan SYL bersama dengan Sekretaris Jenderal Kementan, Kasdi, dan Direktur Kementan, M. Hatta, sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tersebut.

Di sisi lain, SYL juga telah diperiksa oleh Polda Metro Jaya sebagai salah satu saksi dalam kasus dugaan pemerasan yang melibatkan Pimpinan KPK. Beberapa foto pertemuan antara SYL dan Firli Bahuri di lapangan bulu tangkis telah beredar setelah kasus ini mencuat.

Komentar