Kamis, 29 Februari 2024

Adian Napitupulu Sebut Jokowi Minta Perpanjangan Jabatan Presiden

Cholis Anwar
Jumat, 3 November 2023 14:44:00
Adian Napitupulu (Dok Instagram/@adian_napitupulu)

Murianews, Jakarta – Isu perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencuat lagi dalam situasi politik nasional yang semakin dinamis.

Isu ini muncul berawal dari pernyataan Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) PDIP, Adian Napitupulu, mengenai konflik antara Jokowi dan PDIP.

Adian mengungkapkan, perseteruan Jokowi dengan PDIP diduga berasal dari permintaan Jokowi untuk memperpanjang masa jabatannya sebagai presiden menjadi tiga periode.

”Nah, ketika kemudian ada permintaan tiga periode, kita tolak. Ini masalah konstitusi, ini masalah bangsa, ini masalah rakyat, yang harus kita tidak bisa setujui,” kata Adian mengutip Kompas.com, Jumat (3/11/2023).

Menurut Adian, PDIP menolak permintaan tersebut karena mereka ingin menjaga konstitusi dan tidak ingin mengkhianati prinsip-prinsip konstitusi yang berkaitan dengan keselamatan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia.

Adian menyatakan, meskipun PDIP menolak permintaan tersebut, itu bukan berarti mereka antipati terhadap Jokowi. Namun, ia merasa kecewa dengan perubahan sikap cepat Jokowi terhadap PDIP, terutama setelah partai itu memberikan dukungan besar dalam karier politik Jokowi.

Adian menjelaskanjika  sebelumnya, PDIP telah memberikan rekomendasi untuk Jokowi menjadi Wali Kota Surakarta, Gubernur DKI Jakarta, dan presiden. Selain itu, PDI-P juga memberikan dukungan untuk anak dan menantu Jokowi dalam karier politik mereka.

Namun, Adian mengakui jika sekarang ia sama sekali tidak peduli terhadap Jokowi dan keluarganya karena mereka telah berpaling dari PDIP. Saat ini, PDIP fokus pada bagaimana memenangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Komentar