Senin, 4 Maret 2024

Pemerintah Pastikan Upah Minimum 2024 Naik

Cholis Anwar
Minggu, 12 November 2023 08:49:00
Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan RI (Murianews/Istimewa)

Murianews, Jakarta – Pemerintah memastikan jika upah minimum pada 2024 nantinya akan naik. Hal ini setelah pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan atas PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Aturan ini menegaskan bahwa upah minimum pekerja akan mengalami kenaikan pada 2024 mendatang.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, kenaikan upah minimum ini adalah bentuk apresiasi kepada para pekerja dan buruh atas kontribusi mereka dalam pembangunan ekonomi nasional.

Ida Fauziyah menjelaskan kepastian kenaikan upah minimum didapatkan melalui penerapan Formula Upah Minimum dalam PP Nomor 51 Tahun 2023. Formula tersebut melibatkan tiga variabel, yaitu Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, dan Indeks Tertentu (disimbolkan α).

Indeks Tertentu ditentukan oleh Dewan Pengupahan Daerah dengan mempertimbangkan tingkat penyerapan tenaga kerja, rata-rata/median upah, serta faktor-faktor relevan dengan kondisi ketenagakerjaan.

”Dengan memperhitungkan ketiga variabel tersebut, diharapkan kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan suatu daerah dapat seimbang, dan Upah Minimum yang ditetapkan dapat menjadi solusi bagi kepastian bekerja dan keberlangsungan usaha,” katanya mengutip dari laman resmi Kemnaker, Minggu (12/11/2023).

Menteri Ketenagakerjaan menekankan, aturan baru ini memberikan penguatan peran Dewan Pengupahan Daerah dengan memberikan saran dan pertimbangan kepada Kepala Daerah dalam penerapan upah minimum serta struktur dan skala upah di perusahaan pada wilayah masing-masing.

”Kenaikan upah minimum dapat mendorong peningkatan daya beli masyarakat, yang pada akhirnya berdampak terserapnya barang dan jasa yang diproduksi oleh pengusaha, sehingga perusahaan ikut berkembang dan mendorong terbukanya lapangan kerja baru,” ungkap Ida Fauziyah.

Selain itu, aturan baru ini diharapkan menciptakan kepastian berusaha bagi dunia usaha dan industri, serta mewujudkan sistem pengupahan yang berkeadilan di perusahaan. Penerapan struktur dan skala upah diharapkan dapat memotivasi peningkatan produktivitas dan kinerja pekerja.

Komentar