Rabu, 28 Februari 2024

Jelang Pemilu, Goenawan Mohammad Sebut Banyak Aturan Dibongkar

Cholis Anwar
Minggu, 12 November 2023 16:49:00
Goenawan Mohamad dalam Konferensi Pers di Rumah Gus Mus (Murianews/Tangkapan Layar)

Murianews, Rembang – Para tokoh nasional hari ini, Minggu (12/11/2023) berkunjung ke kediaman KH Ahmad Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus. Mereka hadir untuk mendiskusikan masalah kebangsaan yang belakangan terkoyak oleh keadaan menjelang Pemilu 2024.

Sastrawan Indonesia Goenawan Mohamad yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan jika saat ini banyak aturan yang dibongkar, terutama menjelang pemilu.

Goenawan menyoroti masalah yang belakangan terjadi di Mahkamah Konstitusi (MK), yakni terkait  gugatan Pasal 169 UU Nomor 7 Tahun 2017 yang mengatur syarat calon presiden dan calon wakil presiden.

”Pertama menjelang pemilihan umum dan pemilihan presiden yang menurut saya makin mencemaskan, karena aturan bersama mulai dibongkar-bongkar bahkan dirusak. Terjadinya skandal di MK menunjukkan itu,” kata Goenawan dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube Gita Kita, Minggu (12/11/2023).

Goenawan juga mengaku mendapatkan informasi jika nantinya ada pemaksaan-pemaksaan dan penutupan saluran suara. Sehingga, menurutnya, hal ini sangat membahayakan proses demokrasi di Indonesia.

”Kalau itu terjadi, pilpres yang akan datang, itu bisa tegang. Mestinya ada yang menang, tetapi kemenangan itu adalah kemenangan yang kosong,” tegasnya.

Komentar