Rabu, 21 Februari 2024

Kepala BNN: Pengguna Narkoba di Indonesia Capai 3,3 Juta Orang

Cholis Anwar
Rabu, 15 November 2023 11:06:00
Ilustrasi pngguna narkoba (Freepik)

Murianews, Jakarta – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Polisi Petrus R. Golose mengatakan, jumlah pengguna narkotika dan obat berbahaya (narkoba) di Indonesia mencapai 3,3 juta orang.

Menurut Petrus, angka ini menunjukkan penurunan dari periode pandemi Covid-19, di mana jumlah pengguna narkoba mencapai 3,6 juta orang.

”Pada akhir tahun 2023, kami melihat penurunan sekitar 0,22 persen. Ini adalah indikasi positif,” ujar Petrus mengutip Kompas.com, Rabu (15/11/2023).

Menurutnya, penurunan jumlah pengguna narkoba ini disebabkan oleh keberhasilan dalam menekan peredaran narkoba yang masuk ke Indonesia dan yang beredar di dalam negeri.

Program-program yang dijalankan oleh BNN bersama sejumlah pemangku kepentingan juga dinilai berhasil dalam menangani masalah narkoba.

Salah satu program yang disebutkan oleh Petrus adalah Pencegahan Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

”Dengan keberhasilan ini, kita terus bekerja keras untuk menjaga tren penurunan ini dan memastikan Indonesia semakin bebas dari ancaman narkoba,” tambahnya.

Petrus juga mengungkapkan, prevalensi penggunaan narkoba di tingkat nasional saat ini sebesar 1,73 persen, yang lebih rendah dibandingkan prevalensi dunia sebesar 5,5 persen. Di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), prevalensi ini bahkan lebih rendah lagi, hanya sekitar 0,1 persen.

”Prevalensi yang rendah ini menunjukkan keberhasilan upaya bersama, termasuk peran BNN, Polri, dan berbagai pihak terkait dalam menekan peredaran narkotika di Indonesia,” kata Petrus.

TAG

Komentar