Rabu, 28 Februari 2024

PKL Pantai Bandengan Jepara Diberi Bantuan Rp 2 Juta

Faqih Mansur Hidayat
Rabu, 16 Agustus 2023 12:26:00
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta memberi bantuan modal kepada PKL di Pantai Bandengan. (Murianews/Faqih Mansyur Hidayat)

Murianews, Jepara- Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta memberikan bantuan kepada para PKL (Pedagang Kaki Lima) di Pantai Tirta Samudra Bandengan. Mereka mendapatkan bantuan masing-masing Rp 2 juta.

Edy menyampaikan, bantuan tersebut merupakan suntikan mudal kepada 32 PKL. Selain itu mereka juga diberi bantuan logistik berupa bahan kebutuhan pokok seperti beras, minyak, teh.

"Pemerintah daerah bersama Baznas hadir demi memastikan kesejahteraan masyarakat Jepara. Masing-masing PKL kita beri bantuan modal Rp 2 juta," kata Edy, Rabu (16/8/2023).

Pj. Bupati berpesan agar bantuan tersebut digunakan secara baik sebagai modal usaha. Bukan untuk membeli barang konsumtif apalagi berfoya-foya.

"Semoga ini bermanfaat dan barokah untuk semua. Jangan lupa jaga kebersihan," tutupnya.

Pihaknya berharap, para PKL tetap menjaga kebersihan lingkungan. Sebab kebersihan itulah yang menentukan pengunjung bisa nyaman atau tidak.

Selain itu, kebersihan PKL di tempat wisata juga bakal menjadi salah satu penilaian piala Adipura Kencana. Berdasarkan catatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Jepara saat ini telah mampu melakukan penurunan jumlah produksi sampah dalam kota. Angka penurunan itu mencapai 89. Sedangkan batas untuk meraih Adipura Kencana minimal 70.

Terkait lokasi-lokasi yang bakal jadi titik pantau tim penilai Adipura, kata dia, meliputi kantor-kantor pemerintahan, upaya pengelolaan sampah di desa, objek wisata, pelabuhan, pasar, sampai dengan terminal. Selain tempat-tempat itu ada pula yang memiliki nilai tinggi, di antaranya kawasan Alun-alun hingga sungai.

Editor: Budi Santoso

Komentar