Senin, 4 Maret 2024

Gelar Demonstrasi, Warga Desak Tambak Udang Segera Ditutup

Faqih Mansur Hidayat
Jumat, 22 September 2023 19:26:00
Masyarakat Karimunjawa menggelar aksi demonstrasi tolak tambak udang. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Jepara – Ratusan warga di Kepulauan Karimunjawa menggelar aksi demonstrasi, Jumat (22/9/2023). Mereka mendesak agar pemerintah segera menutup segala aktivitas tambak udang.

Ratusan massa yang kontra dengan tambak udang tersebut demonstrasi dengan cara berkeliling. Mereka mendatangi kantor Balai Taman Nasional (BTN), Kantor Kelautan dan Perikanan (KKP), Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) dan Balai Desa Karimunjawa. Massa aksi berorasi dan membawa spanduk bertuliskan tuntutan penutupan tambak udang segera.

”Tidak kurang 700 orang membubuhkan tanda tangan (penolakan tambak udang),” kata Bambang Zakaria.

Saat bertemu kepala desa, massa aksi meminta menyepakati tuntutan warga dari berbagai dusun itu. Kepala desa diberi dua pilihan oleh demonstran. Yaitu memilih antara lengser dari jabatannya atau menyetujui penutupan tambak udang.

Sementara saat bertemu BTN, massa aksi mendesak agar tambak segera ditutup tanpa menunggu waktu lagi. Salah satunya yaitu dengan cara memotong pipa penyaluran air dari wilayah BTN ke tambak.

”Kalau tidak mampu. Dengan tidak memaksa, BTN harus tinggalkan Karimunjawa. Karena sudah lama ada pembiaran,” tegas Bang Jack.

Bang Jack kembali menegaskan bahwa dampak tambak udang sangat nyata adanya. Yaitu rusaknya lingkungan, matinya biota laut, petani rumput laut merugi, mematikan ikan-ikan di keramba, dan merugikan nelayan kerang serta kepiting.

Editor: Dani Agus

Komentar