Rabu, 21 Februari 2024

Heboh! Ribuan Guru Berkebaya Hitam Menari di Jalanan Blora

Nathan
Senin, 4 Desember 2023 21:14:00
Ribuan guru berkebaya hitam menari kolosal di Jalan Pemuda Blora, Senin (4/12/2023). (Murianews/Kontributor Blora)

Murianews, Blora – Jalan Pemuda Blora, Jawa Tengah, Senin (4/12/2023) heboh. Ribuan guru yang mengenakan kebaya warna hitam tumpah ruah di sepanjang Jalan Pemuda, sambil menari.

Ribuan guru berkebaya hitam tersebut merupakan para pendidik PAUD. Mereka serentak dan seirama menarikan Tari Samapta Luding dan senam Pelajar Pancasila.

Ada 2.500 guru berbekaya hitam yang merupakan pendidik PAUD ikut dalam kegiatan ini. Mereka meramaikan Festival Blora Berkebaya 2023 yang digelar untuk rangkaian Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora.

Mereka mengenakan kebaya hitam, bawahan hitam yang dipadu batik warna cokelat. Para guru-guru berkebaya ini juga mengenakan kaca mata hitam dan kain untuk ikat pinggang warna hijau.

Selain para guru yang menari kolosal, festival kebaya itu juga diikuti para istri forkompimda, para guru SD, SMP, ibu-ibu organisasi wanita hingga seluruh perwakilan dari 16 kecamatan di Blora.

Bupati Blora Arief Rohman menyampaikan apresiasinya atas Festival Blora Berkebaya 2023 itu.

Matur nuwun kepada para pendidik PAUD se-Kabupaten Blora yang telah berkontribusi menyajikan tari kolosal. Sungguh luar biasa. Apresiasi kepada panjenengan yang telah menyisihkan waktu untuk berlatih demi suksesnya acara ini di luar waktu mendidik putra-putri kami," ujarnya.

Menurut Arief Rohman, kebaya melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, lemah lembut, sopan dan bersahaja.

”Blora Berkebaya ini menjadi salah satu ajang yang baik bagi para desainer lokal untuk menghasilkan karya dan kreasi baru. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menimbulkan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan kebaya di setiap kesempatan, tentunya dengan rasa bangga," imbuhnya.

Anggreani, salah satu warga Blora yang menyaksikan mengaku terhibur dengan tari kolosal dan Festival Blora Berkebaya ini.

”Bagus dan menarik, acara ini sekaligus untuk mengingatkan para generasi muda sekarang akan kecintaan kaum milenial pada budaya Indonesia, termasuk budaya memakai kebaya," pungkasnya.

Editor: Ali Muntoha

Komentar