Senin, 4 Maret 2024

Sepuluh Menit, 30 Pelanggar Lalin di Grobogan Terekam ETLE

Saiful Anwar
Kamis, 30 November 2023 16:25:00
Suasana monitoring dan evaluasi terkait penggunaan ETLE di Putat, Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Grobogan – Dalam kurun waktu 10 menit, sebanyak 30-an pengendara terekam ETLE melanggar lalu lintas di Putat, Purwododadi, Grobogan, Jawa Tengah, Kamis (30/11/2023). 

Rata-rata pelanggaran tersebut yakni pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm serta pengendara mobil yang tidak memakai sabuk keselamatan.

Hal itu terungkap dalam monitoring dan evaluasi oleh Kasi Gar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jawa Tengah Kompol Indra Hartono bersama Satlantas Polres Grobogan terkait penggunaan ETLE drone untuk persiapan Pemilu 2024.

Kompol Indra mengatakan, usai mengetahui pelanggaran yang umum dilakukan, pihaknya pun menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa ada inovasi terbaru, yakni ETLE drone.

Dia menjelaskan, saat ini di Polda Jawa Tengah baru memiliki enam drone. Sementara, jumlah Polres ada 35 di Jawa Tengah.

”Jadi belum memungkinkan penerapan ETLE drone di masing-masing Polres,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Kasatlantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono bersama jajarannya mencoba cara mengoperasikan ETLE drone tersebut di traffic light Putat. Dari situ, dia pun mengetahui langsung pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara yang melintas.

”Tentu harapan kami dari Satlantas Polres Grobogan bisa segera menggunakan ETLE drone ini karena dinilai sangat bagus. Tetapi juga kita perlu mempersiapkan SDM-nya,” ujarnya.

Editor: Supriyadi

Komentar