Rabu, 21 Februari 2024

Tiang Listrik di Grobogan Roboh Lagi, Delapan Desa Padam

Saiful Anwar
Minggu, 3 Desember 2023 21:08:00
Proses evakuasi tiang listrik yang roboh di Desa Curut, Penawangan, Grobogan, Jawa Tengah. (Istimewa)

Murianews, Grobogan – Sebanyak lima tiang listrik mlik PLN di Desa Curut, Penawangan, Grobogan, Jawa Tengah roboh pada Sabtu (2/12/2023). Kejadian itu membuat listrik di delapan desa padam hingga Minggu (3/12/2023).

Delapan desa terdampak tersebut yakni Desa Kramat, Watupawon, Pengkol, Leyangan. Kemudian Desa Karangwader, Kluwan, Karangpahing dan Winong.

Manajer PLN ULP Purwodadi Mahardika Ferry mengatakan, robohnya tiang tersebut karena kondisi tanah.

”Kalau lihat kondisinya karena tanahnya tergerus. Dari sisi alam, ini mungkin efek peralihan cuaca ke kondisi hujan setelah lama kemarau, sehingga tanahnya basah dan tergenang,” ujar Mahardika kepada wartawan.

Dalam perbaikam tiang-tiang tersebut, PLN ULP Purwodadi melibatkan crane. Tiang-tiang itu dilakukan penanaman ulang.

”Kita memerlukan tim crane untuk penanaman ulang. Untuk lokasi yang bisa kami nyalakan, kami nyalakan lebih dulu. Tim terus bekerja keras untuk melakukan perbaikan tiang roboh,” imbuhnya.

Dia memaparkan, estimasi perbaikan sebelumnya diperkirakan membutuhkan waktu enam jam. Namun, adanya kendala membuat proses perbaikan lebih lama.

”Kami minta maaf karena asumsi awal ditegakkan kembali. Namun ternyata perlu digeser titiknya. Dari sisi jangkauan crane terbatas, sehingga ada proses pendekatan tiang ke titik jangkauan crane,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi

Komentar