Minggu, 10 Desember 2023

Dituduh Rentenir, Korban Penipuan di Pati Bakal Bawa Kasus ke Meja Hijau

Umar Hanafi
Kamis, 6 April 2023 15:40:18
Para korban didampingi kuasa hukumnya, Nimerodin Gulo. (Murianews/Umar Hanafi)
Murianews, Pati – Korban penipuan di Kabupaten Pati, Fatimah Nur Al Zana Fatimah, tak terima dituduh rentenir oleh massa pendukung terdakwa, Utomo. Pihaknya pun mengancam bakal membawa kasus tuduhan itu ke meja hijau.

Kuasa hukumnya, Nimerodin Gulo mengatakan, tuduhan itu tidak berdasar, lantaran tidak ada bukti. Maka dari itu, ia bakal melaporkan para penuduh ke pihak kepolisian lantaran menganggap mereka telah melakukan mencemarkan nama baik.

’’Tuduhan-tuduhan itu akan saya proses (hukum). Siapa pun yang orasi itu akan saya proses. Hati-hati. Dia harus buktikan omongannya itu, bahwa Bu Zana adalah rentenir. Kalau tidak, akan saya proses,’’ tutur Nimerodin di PN Pati, Kamis (6/4/2023).

Baca: Sidang Putusan Kasus Penipuan di Pati Ditunda, Korban Kecewa

Ia juga menegaskan sayembara yang dibuat pihaknya masih berlaku. Bagi orang yang berhasil membuktikan kliennya rentenir, pihaknya bakal memberikan uang Rp 200 juta plus satu unit mobil Pajero.

’’Sayembara masih berlaku. Baik kecil atau besar, siapa yang membuktikan silakan,’’ kata dia.

Fatimah Nur Al Zana Fatimah merupakan korban penipuan miliaran rupiah dengan terdakwa Utomo. Selain Zana, beberapa orang juga mengaku menjadi korban penipuan bermodus investasi. Total kerugian para korban hingga belasan miliar rupiah.

Para korban dibujuk terdakwa untuk memberikan modal perbekalan kapal, bagi saham kapal, dan investasi bahan bakar minyak (BBM). Korban diiming-imingi dengan bagi hasil 7 persen.

Baca: Pendukung Terdakwa Penipuan Kembali Gerudug PN Pati, Minta Utomo Dibebaskan

Lantaran tergiur dengan bujukan itu, para korban pun menginvestasikan sejumlah uang kepada Utomo. Namun lantaran janji Utomo tidak ditepati, mereka melaporkan terdakwa ke pihak berwajib.

Proses persidangan pun sudah digelar sejak beberapa bulan yang lalu. Hari ini dijadwalkan putusan. Namun hal itu urung dilakukan lantaran majelis hakim belum siap. Sidang dengan agenda putusan pun ditunda minggu depan.

Dalam persidangan pekan lalu dan hari ini, seratusan massa pendukung Utomo menggeruduk PN Pati. Mereka menuntut Utomo dibebaskan. Massa juga menyampaikan orasi. Dalam orasinya, massa menuduh Zana dan korban lainnya merupakan rentenir.

 

Editor: Zulkifli Fahmi

Komentar