Jumat, 1 Maret 2024

Pantura Pati-Rembang Macet Parah, Ini Jalur Alternatifnya

Umar Hanafi
Kamis, 16 November 2023 10:05:00
macet parah di jalan Pantura Pati-Rembang (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Jalan Pantura Pati-Rembang mengalami kemacetan parah pada Kamis (16/11/2023). Satlantas Polresta Pati pun bertindak. Mereka menyiapkan jalan alternatif untuk mengurangi kemacetan.

Kasatlantas Polresta Pati Kompol Asfauri mengatakan pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Kendaraan pribadi maupun kendaraan non beban diimbau untuk melintasi jalan alternatif.

”Langkah kepolisian, kami menyiapkan manajemen traffic. Saat terjadi penumpukan lalu lintas, di simpang Sampang kami siapkan jalur alternatif untuk kendaraan pribadi dan non beban. Sampang belok kanan, ke Jakenan, Jaken, Sumber dan Rembang,” tutur dia.

Ia mengimbau mobil kecil dari arah Semarang ke Surabaya menggunakan jalan alternatif Pertigaan Jalan Lingkar Selatan (JLS) tepatnya di Widorokandang kemudian ke Jalan Gabus ke Winong Kidul ke Jakenan lalu ke Jaken, Sumber dan Rembang.

Sementara dari arah Surabaya ke Semarang kendaraan pribadi diminta melintasi Pertigaan Batursari Batangan ke Jaken, Jakenan, Winong Kidul, lalu ke Gabus  dan perempatan JLS Ngantru.

Pihaknya juga menambah personel untuk mengurangi kemacetan ini. Personel-personel ini diterjunkan di titik-titik kumpul kemacetan. Seperti di exit JLS maupun lampu merah Lingkar Selatan.

”Dari Widorokang (exit Lingkar Selatan Pati) juga kita tambah personel. Arus lokal menggunakan jalur luar pantura. jalur Kabupaten atau jalur desa,” kata dia.

Ia memprediksi kemacetan ini semakin panjang bila hujan kembali turun di wilayah Kabupaten Pati. Khsususnya Kecamatan Batangan. Bila hal ini terjadi, ia meminta kepada sopir kendaraan untuk memarkirkan kendaraannya di Kabupaten Kudus maupun Rembang terlebih dahulu.

”Mungkin bertambah lagi kalau situasi hujan lagi. Kami imbau sopir bisa masuk kantong parkir di Kudus maupun di Pati,” pungkas dia.

Diketahui, kemacetan sudah terasa dari Jalan Lingkar Selatan Pati. Kendaraan tampak mengantre di jalan itu tepatnya di Desa Sugiharjo, Kecamatan Pati Kota, Pati pada Kamis pagi.

Kemacetan masih terjadi di keluar Jalan Lingkar Selatan hingga di Kecamatan Batangan atau perbatasan Pati-Rembang.

Editor: Cholis Anwar

Komentar