Rabu, 21 Februari 2024

Waspada Banjir, Puncak Musim Hujan Diprediksi Awal Tahun 2024

Umar Hanafi
Sabtu, 9 Desember 2023 14:37:00
Dampak banjir bandang di Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Pati, Jawa Tengah. (Murianews/Umar Hanafi)

Murianews, Pati – Masyarakat Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), diminta meningkatkan kewaspadaannya terhadap bencana banjir. Mengingat puncak musim hujan diprediksi berlangsung pada awal tahun 2024, bulan Januari dan Februari.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati  Martinus Budi Prasetya mengungkapkan, berdasarkan prediksi BMKG, hujan lebat akan mengguyur Wilayah Kabupaten Pati pada dasarian kedua.

Rentang itu terjadi dari Desember 2023 hingga April 2024 mendatang. Namun menurutnya curah hujan tinggi akan berlangsung pada awal tahun. Dirinya memperkirakan pada bulan Januari intensitas air akan jauh lebih tinggi terjadi.

Martinus memprediksi intensitas hujan antara 300 sampai 500 mililiter. Angka itu terhitung  intensitas hujan sedang hingga sangat deras sekali.

”Bila dihitung dengan ukuran tinggi curah hujan ini setara dengan ketinggian 15 centimeter. Bayangkan seandainya hujan turun selama tiga hari di satu tempat  sudah akan menimbulkan banjir cukup tinggi,” ujar Martinus.

Martinus mengatakan peristiwa ini pernah terjadi pada tahun 2022. Tingginya curah hujan bahkan menyebabkan air banjir menggenang hingga April 2023.

”Bahkan tahun 2022 kami menghadapi bencana besar. Ada banjir hingga air rob. Maka kami berharap tahun ini ada peningkatan kewaspadaan,” kata Martinus.

Sementara memasuki awal Desember dua peristiwa banjir bandang telah melanda Kabupaten Pati. Kejadian itu berlangsung di Kecamatan Sukolilo dan Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati.

Peristiwa banjir bandang di kedua kecamatan bahkan menyebabkan ambrolnya tanggul sungai. Yakni dua tanggul di Kecamatan Tambakromo dan dua tanggul di Kecamatan Sukolilo.

Editor: Cholis Anwar

Komentar