Rabu, 28 Februari 2024

Nggak Mahal, Segini Harga Batik Kudusan Khas Kota Kretek

Vega Ma'arijil Ula
Sabtu, 19 Agustus 2023 13:21:00
Owner Galeri Gentamas Kudus Dasa Gentawati menunjukkan koleksi batiknya. (Murianews/Vega Maarijil Ula)

Murianews, Kudus – Mendengar nama Batik Kudusan, sepintas yang ada di benak kita tentu harganya mahal. Apalagi jika mendengar batik tulisnya. Nah, jika Anda termasuk yang berfikiran seperti itu, mulai sekarang harus diubah. Pasalnya, harga Batik Kudusan ternyata ngak begitu mahal dibandingkan batik daerah lain.

Salah satu outlet yang menjajakan Batik Kudusan adalah Galeri Gentamas Batik Kudus. Terletak di Jalan Sosrokartono nomor 1, Desa Barongan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, galeri ini membanderol harga Batik Kudusan dengan harga mulai Rp 120 ribu.

Owner Galeri Gentamas Kudus Dasa Gentawati mengungkapkan pihaknya sengaja membanderol batik dengan harga terjangkau karena ingin mengenalkan Batik Kudus. Sehingga, pecinta batik dari luar daerah Kudus mengetahui tentang batik Kudus.

”Saya bikin batik tulis dan batik cap. Total untuk yang motif Kudusan saja ada 25 produk,” katanya, Sabtu (19/8/2023).

Puluhan motif batik Kudusan tersebut di antaranya batik cap penari kretek, batik cap daun pakis, batik cap parijoto, batik cap pisang byar, batik cap motif Menara Kudus. Selain itu juga ada batik tuis motif kancilan.

”Kisaran harganya mulai dari Rp 120 ribu sampai Rp 275 ribu untuk batik cap. Kalau batik tulis motif kancilan harganya Rp 1,7 juta,” sambungnya.

Dasa menambahkan, batik tulis harganya lebih mahal karena proses pembuatannya lebih sulit. Selain itu prosesnya lebih lama.

”Untuk batik Kudusan harganya mulai dari Rp 900 ribu sampai Rp 1 juta ke atas,” terangnya.

Puluhan batik motif Kudusan yang terdapat di outletnya saat ini masih ready. Menurutnya, peminat datang dari berbagai daerah.

”Alhamdulillah masih banyak yang senang dengan batik motif Kudusan. Sejauh ini pembeli berasal dari Kudus, Pati, Jepara, dan daerah lainnya,” ungkapnya.

Editor: Supriyadi

Komentar