Rabu, 28 Februari 2024

Alasan Pecahan Tengkorak Manusia Purba Tak Disimpan di Kudus

Vega Ma'arijil Ula
Senin, 21 Agustus 2023 16:34:00
Warga melihat diorama manusia purba di Museum Purbakala Patiayam Kudus. (Murianews/Vega Ma'arijil Ula)

Murianews, Kudus – Fosil tengkorak manusia purba penah ditemukan di Kawasan Patiayam 1979 silam. Namun, fosil yang pecah menjadi empat bagian itu tak disimpan di Museum Purbakala Patiayam Kudus.

Edukator sekaligus Petugas Museum Purbakala Patiayam Ari Mustaqim mengatakan, fosil tengkorak itu diketahui milik manusia purba Homo Erectus. Fosil itu ditemukan di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

’’Fosil kepala tengkorak tersebut disimpan di ITB. Tidak dikembalikan lagi ke Museum Purbakala Patiayam karena sudah teregistrasi di Museum Geologi Bandung, sedangkan fosilnya disimpan di ITB,’’ katanya, Senin (21/8/2023).

Menurut Ari, tak dikembalikannya fosil itu ke Museum Purbakala Patiayam Kudus karena sudah diregistrasi di Museum Geologi. Fosil tersebut tak dapat diregistrasi di dua tempat.

Ari menjelaskan temuan itu menunjukkan di Kawasan Patiayam pernah ada kehidupan manusia purba. Selain tengkorak, beberapa fragmen atau bagian tubuh manusia purba beberapa kali ditemukan di sana.

’’Di 2018 pernah ada temuan fosil paha kaki. Kemudian di 2022 ada temuan fosil gigi manusia purba Homo Erectus,’’ sambungnya.

Bukti lainnya yakni ditemukan temuan beberapa artefak. Seperti alat-alat berburu manusia purba yang terbuat dari tulang dan batu juga ditemukan di sana.

’’Temuan artefak seperti batu dan tulang yang digunakan manusia purba juga ditemukan di kawasan Patiayam,’’ imbuhnya.

 

Editor: Zulkifli Fahmi

Komentar