Jumat, 23 Februari 2024

Belasan Ribu Botol Miras di Kudus Digilas Pakai Alat Berat

Yuda Auliya Rahman
Selasa, 19 September 2023 10:06:00
Pemusnahan belasan ribu botol miras di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Belasan ribu minuman keras (miras) hasil sitaan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dimusnahkan dengan alat berat, Selasa (19/8/2023). Total ada 11.280 botol miras berbagai merek yang dilindas di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus.

Miras yang dimusnahkan ini, merupakan miras yang disita dari rumah salah seorang warga di Desa Cendono, Kecamatan Dawe, Kudus pada Kamis (24/8/2023) lalu.

Bupati Kudus HM Hartopo mengapresiasi atas kerja keras dari jajaranya yang sudah melakukan upaya konkrit dalam memberatas peredaran dan penjualan miras di Kudus. Terlebih, keberadaan miras seringkali membuat Kudus menjadi tidak kondusif dengan beberapa permasalahan yang kerap terjadi.

”Selama ini, penjual miras kucing-kucingan dengan petugas. Langkah ini tentunya menbuat efek jera yang lain. Dan kami akan tekan terus peredaran dan penjualan miras,” katanya, Selasa (19/9/2023).

Ia menjelaskan, dampak mengonsumsi miras bisa berakibat fatal. Seperti perkelahian yang dipicu usai mengkonsumsi miras hingga mengakibatkan korban jiwa.

Sementara Kepala Satpol PP Kudus Kholid Seif menyebut, belasan ribu miras yang diamankan di sebuah rumah Desa Cendono itu memang sudah lama dipantau karena aduan masyarakat.

Setelah melakukan pantauan, dan melihat sisi lengah, akhirnya petugas pun berhasil merazia miras di rumah tersebut.

”Jadi disimpan memang di dalam kamar-kamar. Sudah lama kami pantau, tapi baru bisa masuk lokasi akhir bulan Agustus kemarin. Ini penyitaan miras dengan jumlah terbesar di Satpol PP Kudus,” ucapnya.

Pihaknya menegaskan akan terus berupaya menekan peredaran miras yang ada di Kudus. Terlebih, peredaran meras itu telah melanggar peraturan daerah (perda) Kudus nomor 12 tahun 2004.

Editor: Ali Muntoha

Komentar