Jumat, 1 Maret 2024

Jokowi Disambut Hangat Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih

Ali Muntoha
Selasa, 14 November 2023 11:06:00
Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih. (Istimewa/Setpres)

Murianews, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Senin (13/11/2023) sore atau Selasa (14/11/2023) subuh waktu Indonesia. Jokowi langsung disambut hangat Joe Biden.

Jokowi tiba di Gedung Putih sekitar pukul 16.20 WIB waktu AS atau Selasa (14/11/2023) pukul 04.20 WIB.

Jokowi disambut oleh jajar kehormatan dengan pasukan yang membawa bendera dari 50 negara bagian di Amerika Serikat saat rangkaian kendaraan yang membawa Presiden Jokowi memasuki halaman Gedung Putih.

Setibanya di depan West Wing Portico, Jokowi kemudian turun dari kendaraan dan langsung disambut hangat oleh Presiden AS Joe Biden.

Setelahnya, kedua pemimpin negara kemudian berjalan menuju Oval Office yang merupakan ruang kerja Presiden Biden di Gedung Putih. Di sana kedua pemimpin negara melakukan pertemuan terbatas.

Usai melaksanakan pertemuan terbatas, kedua presiden kemudian menggelar pertemuan bilateral yang turut diikuti oleh delegasi dari masing-masing negara.

Sejumlah menter mendampingi Presiden Jokowi. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Selain itu juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani.

Sebelumnya Jokowi mengatakan, pertemuannya dengan Joe Biden untuk membahas sejumlah masalah. Termasuk di antaranya menyampaikan hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023).

Alhamdulillah, KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia. Dan, pesan inilah yang akan saya sampaikan kepada Presiden Biden, di mana ini adalah suara dari 57 negara atau sekitar sepertiga suara negara di dunia,” kata Jokowi dikutip Murianews.com dari Setkab, Senin (13/11/2023).

Di sela-sela KTT OKI di Riyadh, Presiden Jokowi sempat bertemu dan berbincang dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan sikap Indonesia yang mendukung Palestina.

Selain itu Jokowi juga dititipi pesan oleh Mahmoud Abbas untuk disampaikan langsung kepada Presiden AS Joe Biden.

”Saya akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden,” ujar Presiden.

Komentar