Rabu, 21 Februari 2024

Kaesang Beberkan Iriana Jokowi Sering Lakukan Ritual Doa Ini

Ali Muntoha
Minggu, 10 Desember 2023 11:30:00
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi. (Istimewa/Setpres)

Murianews, Jakarta – Ketua Umum PSI yang merupakan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep mengungkapkan kebiasaan sang ibu Iriana Jokowi dalam berdoa. Iriana Jokowi ternyata mempunyai kebiasaan yang membuatnya bisa semakin khusyuk saat berdoa.

Kebiasaan atau ritual Iriana Jokowi yang dibeberkan Kaesang itu ketika Iriana Jokowi bangun  tengah malam dan berdoa di luar rumah.

”Ibu ya biasanya kadang-kadang habis tahajud kadang bisa jam 2.30 itu ibu pasti di luar kayak di luar rumah,” kata Kaesang dalam podcast di channel Youtube Kiki Saputri Official, dikutip Murianews.com pada Minggu (10/12/2023).

Menurut Kaesang, Kebiasaan berdoa yang dilakukan Iriana Jokowi ini menurut Kaesang juga dilakukan saat berada di Istana Bogor.

”Iya jadi kan kayak misalnya di kalau di Istana Bogor. Doa-doa buat keluarga gitu aja, kalau ditanya kenapa biar lebih khusuk katanya. Tapi aku cuma tanya, ’di luar lebih banyak nyamuk lho,” ujar Kaesang.
Kaesang pun membeberkan jika Iriana Jokowi sebagai ibu negara juga sama seperti ibu-ibu rumah tangga pada umumnya. Iriana Jokowi menurutnya, juga sering update status di WA.

”Ibu itu ya kaya ibu-ibu di WA sore update WA lagi makan singkong nih. Lagi makan singkong sore nih, nanti dimasukin grup keluarga. Ya sudah, sesama orang tua saling bales, kita yang anak-anak kadang-kadang, ’kok Kaesang gak bales sih’,” ujarnya.

Oleh karenanya Kaesang mengaku agak tidak terima ketika ibunya Iriana Jokowi dituding sebagai  sosok yang meloloskan Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres.

”Cuma ketika ibu saya yang dibilang kaya kemarin, dibilang ibu saya punya kontribusi sangat besar ke Mas Gibran jadi cawapres. Iya betul saya rasa karena ibu yang mendoakan ke kakak saya. Tapi kalau dibilang sampai ke HIPMI, ke relawan saya harus ngomong enggak,” kata Kaesang.

Saat ia tanya ke ibunya dengan banyaknya isu terkait hal itu, menurut Kaesang Iriana hanya santai dan menasehati Kaesang untuk fokus ke partainya saja.

Ya itu aja ketika ibu terus ya udah kayak ada rasa sakit hati pasti ada tapi ketika ibu bilang udah kamu enggak usah, gak papa. Kampanyein aja partaimu enggak usah apa namanya ya memperkeruh suasana kalau mereka fitnah biarkan mereka dosa aja gitu,” kata Kaesang.

Komentar