Rabu, 28 Februari 2024

Dinas Arpusda Ikut Promosikan Buku Penulis Lokal Kudus

Anggara Jiwandhana
Kamis, 14 September 2023 15:21:00
Kadinas Arpusda Samani Intakoris bersama Penulis muda Dea, Kamis (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), berkomitmen menjadi rumah bagi para penulis buku di Kota Kretek. Mereka juga akan ikut membantu mempromosikan buku-buku karya masyarakat Kudus tersebut dengan mendisplay di rak buku.

Kepala Dinas Arpusda Kudus Samani Intakoris menuturkan, sudah ada empat penulis yang berkomunikasi dengan Arpusda dan menyerahkan buku karya tulisanya. Mayoritas bahkan berstatus pelajar.

”Yang berkomunikasi dengan kami memang baru empat orang, namun kami yakin potensinya lebih dari ini. Kami percaya banyak warga Kudus yang gemar menulis, salah satunya Mbak Dea Sholihatun Ni'mah asal SMA Muhammadiyah Kudus ini,” kata Samani, Kamis (14/9/2023).

Samani sendiri mengapresiasi bakat dari Dea. Di mana dalam tiga tahun terakhir, dia sudah menerbitkan dua buku narasi maupun puisi.

”Saya sangat apresiasi sekali tentunya, di tengah kesibukannya sekolah dia bisa menulis. Bahkan dari berkaryanya ini dia bisa mendapat royalty juga dari penjualannya, tentu hal yang sangat membanggakan,” sambung Samani.

Sebagai langkah ke depan, pihaknya pun mempersilahkan kepada semua penulis di Kabupaten Kudus untuk datang ke Arpusda untuk memberitahukan buku karyanya. Samani memastikan Arpusda akan dengan senang hati ikut mempromosikan buku karya mereka itu.

”Dari kami nanti juga ada program bedah buku, kami panggilkan pakar-pakar buku kemudian kita berikan support untuk para penulis lokal Kudus, kami terbuka pada semua kalangan,” ungkap Samani.

Sementara Dea Sholihatun Ni'mah, mengaku memang gemar menulis. Hobinya, dia tuangkan menjadi karya seni sejak masa pandemic kemarin. Saat ini, dia juga tengah menyiapkan buku narasinya yang ketiga.

”Buku yang kedua ini berasal dari pengalaman pribadi, lebih ke mengungkapkan apa yang terpendam di hati dan bisa jadi karya seni. Bentunya ada narasi dan puisi juga, insyaAllah ini proses buku ketiga,” tandasnya.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar