Jumat, 1 Maret 2024

Mahasiswa UMKU Diajak Berpedoman ke Empat Pilar

Anggara Jiwandhana
Kamis, 16 November 2023 17:00:00
Sosialisasi empat pilar Lestari Moerdijat di Umku, Kamis (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengajak seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) untuk berpedoman kepada empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Empat pilar itu terdiri dari, pancasila, Undang-Undang Dasar tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Hal itu disampaikan Lestari saat menyosialisasikan empat pilar di kampus Universitas Muhammadiyah Kudus, Kamis (16/11/2023).

Dia mengungkapkan, Indonesia saat ini sedang mengalami situasi krisis multidimensi. Baik dari segi internal maupun eksternal sebuah negara. Krisis inilah yang akan membawa bibit-bibit perpecahan sesama warga negara dan akhirnya bisa mengancam kesatuan Republik Indonesia.

Namun, hal ini tentu bisa dicegah bila semua berpegangan pada empat pilar tersebut.

”Empat pilar akan menjadi pondasi pemersatu dalam bingkai kebhinekaan. keberagaman ini perlu digarisbawahi, Indonesia lahir karena konsensus, berangkat dari semangat para pemuda yang saat itu ingin mendirikan sebuah negara,” katanya dalam sosialisasi empat pilar.

Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus Edy Soesanto menambahkan, empat pilar pondasi ini harus bisa dikaitkan satu sama lain. Sehingga pondasinya bisa semakin kuat.

”Keempatnya harus dikuatkan, karena jika tidak, akan melemahkan salah satu di antaranya,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, pihaknya pun berharap para mahasiswa bisa terketuk semangatnya untuk bisa menguatkan empat pilarnya masing-masing. Sehingga bisa berkontribusi dalam hal mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Editor: Supriyadi

 

Komentar