Jumat, 1 Maret 2024

Puluhan Warga Pesisir Rembang Diajari Olah Bandeng Tanpa Duri

Dani Agus
Senin, 2 Oktober 2023 10:17:00
Sebanyak 50 warga yang tinggal di wilayah pesisir Kabupaten Rembang dilatih membuat bandeng cabut duri. (rembangkab.go.id)

Murianews, Rembang – Sebanyak 50 warga yang tinggal di wilayah pesisir Kabupaten Rembang dilatih membuat bandeng cabut duri, Minggu (1/10/2023). Lokasi pelatihan yang dilangsungkan di kawasan situs perahu kuno Desa Punjulharjo itu sebagai upaya peningkatan kapasitas pelaku usaha pengolah hasil perikanan.

Para peserta diajari mulai dari cara membelah ikan bandeng harus diatas tulang sampai cara mencabut duri pakai pinset oleh narasumber Ana Guntur, pelaku UMKM olahan bandeng. Adapun yang perlu diperhatikan peserta adalah, jumlah duri pada bandeng yang harus dicabut semua, yakni 82 duri.

Kabid Bina Usaha dan Peningkatan Daya Saing Dinlutkan Nurida Adante Islami mengatakan, dengan pelatihan tersebut minimal ibu-ibu bisa mengetahui cara dan mempraktekkan cara mengolah bandeng tanpa duri.

Potensi perikanan budidaya seperti ikan bandeng di Rembang cukup banyak. Sehingga harus dimanfaatkan sebaik- baiknya.

Di sisi lain Dinas Perikanan dan Kelautan mendapatkan misi terkait penanggulangan kemiskinan dan penurunan angka stunting. Oleh karena itu sasaran pelatihan adalah dari kalangan ibu- ibu dirasa tepat, karena mereka sebagai manajer menu di dapur bagi keluarganya sekaligus sebagai peluang usaha.

”Kami punya pelaku usaha di Rembang cuma satu, permintaannya luar biasa, belum bisa mencukupi. Jadi minimal bisa buat bandeng cabut duri untuk disajikan keluarga atau untuk peluang usaha,” terangnya, dilansir dari laman Pemkab Rembang, Senin (2/10/2023).

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Hasiroh Hafidz menilai pelatihan bandeng tanpa duri ini langkah bagus. Pasalnya masyarakat terbilang enggan makan ikan bandeng yang kaya protein karena banyaknya duri.

”Makanya kali ini diadakan kegiatan pelatihan ini, sekalian pemberdayaan masyarakat, bisa jadi branding untuk Rembang. Selain itu juga untuk pencegahan stunting,” pungkasnya.

Salah satu peserta dari Kelurahan Pacar Ani Indriyani mengungkapkan, cukup sulit mencabuti duri bandeng yang memiliki banyak duri. Dibutuhkan kesabaran dan ketelitian agar benar- benar bersih dari duri.

”Baru pertama kali sih mas. Sulit butuh kesabaran dan ketelitian,” tuturnya.

Anggota DPRD Rembang Muntohid mendukung pemberdayaan masyarakat termasuk mengoptimalkan potensi yang ada. Sehingga aspirasinya itu diwujudkan kegiatan pelatihan mengolah ikan bandang cabut duri.

 

Komentar