Kamis, 29 Februari 2024

Bawaslu Blora Copot Baliho Caleg Melanggar

Nathan
Jumat, 17 November 2023 15:57:00
Petugas mencopot baliho caleg di Blora yang dianggap melanggar aturan. (Murianews/Kontributor Blora)

Murianews, Blora – Sejumlah baliho caleg di Kabupaten Blora, Jawa Tengah mulai dicopot Bawaslu. Baliho-baliho itu dicopot karena melanggar, yakni memasukkan unsur kampanye dalam baliho.

Pencopotan baliho caleg itu dilakukan oleh Bawaslu, KPU bersama Satpol PP Blora dilakukan secara serentak di wilayah Blora pada 16 kecamatan.

Penertiban dilakukan lantaran belum masuknya masa kampanye. Sehingga semua baliho caleg yang berbau ajakan mencoblos dicopot dan diamankan petugas.

Dari pantauan, petugas gabungan menertibkan mulai dari pinggir Jalan Tentara Pelajar, samping Pasar Pon, Perempatan Karangjati, Jalan Ki Soreng, Perempatan Bangkle hingga wilayah Blok T.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Datin Bawaslu Blora Irfan Syaiful Masykur menjelaskan, pihaknya melakukan penyisiran untuk menertibkan baliho caleg yang memuat ajakan dan arahan memilih. Baik dengan paku, contreng, maupun petunjuk lain. Sementara yang sifatnya sosialisasi dibiarkan.

”Pada dasarnya dari tanggal 4-27 November partai politik masih diberikan waktu untuk sosialisasi, tetapi dalam sosialisasi tidak boleh ada unsur kampanye atau ajakan memilih. Nah yang kita tertibkan adalah alat peraga sosialisasi yang di dalamnya ada unsur ajakan , tanda paku, contreng atau materi lain yang intinya mengajak memilih calon anggota legeslatif dari partai tertentu," katanya, Jumat (17/11/2023).

Menurutnya, spesifikasi baliho caleg yang tidak dicopot adalah alat peraga sosialisasi yang tidak ada tanda contreng atau ajakan, tidak melanggar dari ketentuan. 

”Tidak ada unsur materi ajakan tidak melanggar kita biarkan karena dianggap itu alat sosialisasi. Kalau di rumah secara pribadi itu kita memberikan imbauan supaya ditutup nomornya dan ajakanya untuk menjaga kondusifitas," tuturnya.

Irfan menjelaskan penertiban akan dilakukan secara berkala. Selain hari ini, akan dilanjutkan lagi di hari-hari berikutnya. Pihaknya akan melakukan penyisiran di berbagai tempat.

”Penertiban berkala akan kita lakukan, untuk hari ini kita sisir yang bisa kita akses, dan rencananya minggu depannya kita koordinasikan dengan satpol PP akan kita lakukan penertiban di tempat -tempat yang susah dijangkau," pungkasnya.

Ketua Bawaslu Blora, Andyka Fuad Ibrahim mengatakan sebelumnya, pihaknya telah mengimbau para partai politik untuk melakukan mencabut APK yang sudah dipasang. Namun tak sepenuhnya patuh. Sehingga di pinggir-pinggir jalan di wilayah Blora masih banyak terpampang APK. 

Editor: Ali Muntoha

Komentar