Kamis, 29 Februari 2024

Semrawut, Satpol PP Pati Copot Paksa Baliho Tak Berizin

Umar Hanafi
Selasa, 25 Juli 2023 06:50:00
Anggota Satpol PP Pati melakukan pencopotan di area Pati kota. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kabupaten Pati kembali menertibkan puluhan baliho dan spanduk tak berizin, Selasa (25/7/2023). Ini dilakukan lantaran pemasangan baliho tanpa ada izin melanggar ketentuan Peraturan Paerah (Perda).

Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Pati, Slamet mengatakan pihaknya melakukan penertiban di beberapa ruas jalan di area Pati Kota. Selain mengganggu pamandangan, baliho-baliho ini ditertibkan lantaran tak memiliki izin dan melanggar Perda.

”Sasaran spanduk yang tidak berizin dan tidak berizin namun habis masa izinnya. Kita juga melakukan penindakan kepada spanduk yang berizin maupun tidak yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar Slamet.

Sedangkan titik penertiban sendiri dilakukan di Pati Kota. Mulai dari daerah Alun-alun Pati, Jalan  Panglima Sudirman, Jalan Kolonel Sunandar, Ahmad Yani dan Penjawi.

Spanduk yang dipasang di zona merah juga diterbitkan. Pihaknya juga menertibkan baliho yang dipasang di pohon serta baliho yang sudah kadaluwarsa.

”Seperti zona merah reklame seperti di Alun-alun dan Jalan Panglima Sudirman. Itu tidak boleh ada reklame.  Tadi ada 62 spanduk. Maxim yang paling banyak, habis masa berlaku yang di paku di pohon. Rata-rata belum tahu kalau tidak diperbolehkan,” tutur dia.

Kepala Bidang Umum dan Ketentraman Masyarakat (Tibum Tranmas) Satpol PP Kabupaten Pati, Djuharianto Soegondo, menambahkan pihaknya berkoordinasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati sebelum menunda baliho ilegal.

”Aturan harus berizin dan membayar pajak tapi dalam aturan ndak diambil. Ada tim penertiban sebenarnya. Koordinasi dengan BPKAD apakah berizin atau ndak. Kalau yang belum kita ambil,” pungkas dia.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar