Rabu, 21 Februari 2024

Sempat Viral, Curanmor di Pati Akhirnya Ditangkap Polisi

Umar Hanafi
Senin, 12 Februari 2024 18:21:00
Pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan dompet berinisial MH (30) diringkus polisi. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Aksi pelaku pencurian kendaraan bermotor atau curanmor dan dompet sempat viral di jagad maya Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kini, pria berinisial MH (30) itu berhasil ditangkap Unit Reskrim Polsek Kayen Polresta Pati

Warga Kecamatan Kayen itu melancarkan aksinya di komplek Alun-alun Kayen, Minggu (11/02/2024). Ia mencuri dompet warga Moh Miftakhur Rohman yang berada di dalam jok motor. 

Apes bagi pemuda berusia 30 tahun, aksinya terekam CCTV dan disebarkan di media sosial. Video aksi pencurian itu pun viral dalam sekejap. 

Setelah mengatahui adanya aksi pencurian, Kapolsek Kayen AKP Imam Basuki langsung bertindak. Pihaknya melakukan penyelidikan pada Minggu tanggal 11 Februari 2024 pukul 10.00 WIB. 

”Tersangka diamankan di area SPBU Dukuh Pucang Baru, Desa Jatiroto, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati,” kata dia. 

Pihaknya pun langsung menginterogasi pelaku. Setelah dilihatkan video aksinya, MH akhirnya tidak bisa mengelak dan mengakui perbuatannya. Dalam melancarkan aksinya, ternyata pelaku memakai motor hasil curian. 

”Kemudian, kami amankan barang bukti berupa dompet warna coklat merk Levi's yang di dalamnya berisi uang tunai Rp 1,4 juta, KTP, SIM C, ATM Muamalat KCP Pati atas nama korban  dan juga STNK serta sepeda motor merk Honda Supra X tanpa plat nomor kendaraan yang dipakai oleh tersangka,” kata AKP Imam Basuki. 

Setelah dilakukan pengecekan identitas, ternyata kendaraan yang dipakai oleh pelaku milik warga Desa Tanjang RT 04 RW 02, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati.

Pihaknya pun menghubungi pihak korban. Benar saja, sepeda motor merk Honda Supra X 125 itu hilang digindol maling di jalan pinggir persawahan, Desa Tanjang pada Senin (5/2/2024) pukul 14.00 WIB lalu. 

”Dari pengakuan tersangka, aksinya sudah dilakukan beberapa kali yaitu melakukan pencurian tas berisikan uang tunai serta handphone di area persawahan Trimulyo Kayen dan juga pencurian HP di rumah seorang warga di Desa Kayen,” pungkasnya.

Tersangka MH saat ini ditahan dengan sangkaan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ia terancaman hukuman penjara maksimal 7 tahun. 

Editor: Supriyadi

Komentar