Rabu, 21 Februari 2024

Pemprov Kembali Beri Bantuan Subsidi Beras dan Gula di Kudus

Vega Ma'arijil Ula
Minggu, 3 Desember 2023 11:22:00
Ilustrasi warga Kudus mengantre di Gerakan Pangan di halaman Dispertan Kudus. (Murianews/Vega Maarijil Ula)

Murianews, Kudus – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng melalui Dinas Ketahanan Pangan Jateng kembali memberikan bantuan subsidi di Kudus. Bantuan tersebut berupa subsidi harga beras dan gula dengan tujuan untuk mengendalikan inflasi di Kota Kretek.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dispertan Kudus, Ari Mulyani Mustikaningtyas mengatakan, program bantuan beras dan gula tersebut bakal disalurkan selama tiga hari mulai besok, tanggal 4-6 Desember 2023.

Sasarannya rumah tangga perorangan dengan acuan satu KK mendapatkan beras 10 kilogram dan gula sebanyak dua kilogram.

”Subsidi ini sama seperti Gerakan Pangan Murah. Pembagiannya dilakukan di kecamatan-kecamatan,” katanya, Minggu (3/12/2023).

Tiap-tiap warga nantinya mendapatkan 10 kilogram beras dan dua kilogram gula. Harga berasnya Rp 50 ribu per 5 kilogram. Harga tersebut lebih murah karena di pasaran untuk beras 5 kilogram masih seharga Rp 65 ribu.

Sedangkan untuk gulanya, masyarakat mendapatkan sebanyak 2 kilogram dengan harga Rp 14.500 per kilogram. Harga gula tersebut jauh lebih murah lantaran harga gula per kilogram di pasar masih Rp 17 ribu.

”Tanggal 4 Desember disalurkan di tiga kecamatan di Kudus. Tanggal 5 Desember dan 6 Desember masing-masing juga disalurkan di tiga kecamatan di Kudus,” sambungnya.

Ia menyebutkan, tiap-tiap kecamatan mendapatkan jatah 2,8 ton beras dan 1,5 ton gula. Saat ini semua bantuan tersebut tengah dalam pengiriman. Sementara warga yang bisa melakukan pembelian wajib menunjukkan Kartu Keluarga.

”Harapan kami dengan adanya subsidi ini dapat membantu warga yang ingin mendapatkan beras dan gula dengan harga yang lebih murah,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi

Komentar