Rabu, 28 Februari 2024

Relawan Bencana Diminta Ikut Berantas Rokok Ilegal di Kudus

Anggara Jiwandhana
Kamis, 16 November 2023 19:07:00
Pj Bupati Kudus Bergas Catursasi saat menyosialisasikan soal cukai untuk para relawan bencana di Kudus, Kamis (16/11/2023). (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – Relawan bencana di Kabupaten Kudus diminta turut ikut memberantas peredaran rokok ilegal. Salah satu caranya, dengan membeli rokok dengan pita cukai yang resmi.

Itu disampaikan Pj Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan saat memberikan pemahaman mengenai rokok ilegal dan perundang-undangan di bidang cukai kepada para relawan.

Dalam acara yang diselenggarakan di Aula BPBD Kudus itu, Bergas mengungkapkan, mencegah peredaran rokok sama halnya dengan mendukung langkah kemanusiaan.

Dengan cara begitu, maka para relawan ikut memberikan kontribusi ke pemerintah. Di mana pemerintah akan mendapat dana cukai yang besar dan bisa digunakan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

”Rokok ilegal yang selalu kami gempur memberikan peningkatan hasil pendapatan cukai yang tentu dapat kita manfaatkan untuk pembangunan dan kesejahteraan Kabupaten Kudus,” kata Bergas, Kamis (16/11/2023).

Ketua DPRD Kudus Masan menambahkan, Kabupaten Kudus mendapatkan dana cukai (DBHCHT) terbesar di Jawa Tengah.

Pihaknya pun mengimbau para relawan untuk ikut memanfaatkan peruntukan cukai tersebut. Salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas yang ada di Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM.

”Pemerintah berupaya memberikan pembekalan bagi relawan untuk meningkatkan keahlian. Di Disnaker, sudah teranggarkan untuk pelatihan, pilihlah jenis pelatihan yang dibutuhkan dan manfaatkan anggaran ini sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Editor: Zulkifli Fahmi

Komentar