Rabu, 21 Februari 2024

Berbup Diteken, Pengisian Perangkat Jadi Wewenang Desa

Umar Hanafi
Rabu, 29 November 2023 15:13:00
Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro dalam sidang Paripurna di DPRD setempat (Murianews/Umar Hanafi)

Murianews, Pati – Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro telah menekan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pengisian Perangkat Desa.

Terdapat perubahan dalam Perbup tersebut, dari semula proses pengisian perangkat desa merupakan wewenang Pemerintah Kabupaten (Pemkab), kini prosesnya telah dikembalikan ke masing-masing desa penyelenggara.  

”Perangkat desa, kita sudah tandatangani Peraturan Bupati (Perbup) yang terbaru. Pengisian saya serahkan ke desa lah. Aku tidak urusan,” ujar Henggar, Rabu (29/11/2023).

Hanggar pun menargetkan pada Januari 2024 mendatang ratusan kursi perangkat desa di Kabupaten Pati terisi. Mengingat pihaknya sudah menganggarkan Penghasilan Tetap (Siltap) bagi perangkat desa.

”Pengisian perangkat desa bisa Desember atau Januari. Kita lihat situasi,” lanjut dia.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendesak Pemkab Pati untuk segera mengesahkan Perbup tentang pengisian perangkat desa. Perbup itu sudah dinantikan ratusan desa sejak beberapa bulan yang lalu.

Namun, baru akhir November ini aturan yang merevisi Perbup Nomor 55 tentang Pengisian Perangkat Desa itu baru ditandatangani. Padahal sekitar 700 kursi perangkat desa di Kabupaten Pati mengalami kekosongan.

Revisi peraturan ini dilakukan untuk mengembalikan kewenangan Pemerintah desa (pemdes) di Kabupaten Pati dalam melaksanakan pengisian perangkat desa.

Bila kembali lagi ditunda, DPRD Kabupaten Pati khawatir pengisian perangkat desa tidak bisa digelar pada tahun 2023. Mengingat pada tahun depan terdapat Pemilihan Umum 2024.

Editor: Cholis Anwar

Komentar